Dalam rangka sosialisasi produk dan layanan PT
PLN Batam kepada masyarakat luas, berikut ini ditampilkan produk unggulan dari
PT PLN Batam.
APLIKASI PELAYANAN
PELANGGAN TERPUSAT – AP2T
Sebagai upaya
peningkatan kualitas kerja untuk menuju perusahaan kelas dunia, maka PT PLN
Batam melaunching penggunaan aplikasi AP2T, dengan demikian program aplikasi
pelayanan pelanggan terpusat sudah diaplikasikan di PLN Batam.
Aplikasi ini bertujuan
untuk standarisasi sistem aplikasi pelayanan pelanggan terpusat dan berbasiskan
web, pengamanan pendapatan yang lebih realtime on line di kantor pusat,
efisiensi biaya pemeliharaan sistem (infrastruktur & aplikasi), serta optimalisasi
pemanfaatan kerjasama strategis dan pengembangan proses bisnis secara terpusat.
Aplikasi AP2T tersebut
menaampilkan proses pelayanan pelanggan pasang baru di loket pelayanan
pelanggan PLN yang dilayani dengan cepat sampai pelanggan membayar biaya pasang
baru di loket PPOB non taglis bank maupun kantor pos. Dengan demikian pelanggan
tidak lagi membayar biaya di loket atau kasir PLN melainkan langsung ke PPOB
non taglis.
Dalam rangka memberikan
pelayanan yang terbaik kepada Pelanggan PLN Batam khususnya, PT. PLN Batam
telah berupaya meningkatkan usaha-usaha penyediaan tenaga listrik, baik
kualitasnya maupun kuantitasnya.
Karena tuntutan
kebutuhan akan kecepatan pelayanan kepada seluruh pelanggan khususnya dan
masyarakat umum di Pulau Batam, maka PT. PLN Batam sesuai dengan perkembangan
teknologi telekomunikasi salah satunya dengan membuat layanan Call Center PLN
Batam dengan menggunakan Akses 123.
AM/ FM/ GIS menggunakan
Aplikasi G/Electric ( G/Tech ) yang didalamnya terdapat beberapa
aplikasi-aplikasi pendukung sbb :
Aplikasi ini digunakan
sebagai tools dalam proses bisnis pada workflow dasar untuk updating/ entry
data kelistrikan, yang dimulai dari pembuatan/ digitasi landbase map,
electrical feature serta data-data yang berkaitan dengan informasi kelistrikan
dan informasi pelanggan.
Khusus untuk
G/Administrator, aplikasi ini mempunyai authority lebih luas lagi dalam hal membuat
perubahan dan pengaturan pada menu-menu yang ada.
Basis data yang
digunakan dalam aplikasi AM/FM/GIS adalah menggunakan Oracle 9i. Seluruh
informasi yang digunakan dalam aplikasi ini baik data atribut maupun data
grafis semuanya tersimpan dalam satu database.
Proses Pembuatan Peta
Digital Sistem Kelistrikan Batam
G/NetViewer menyajikan
data jaringan kelistrikan menggunakan jaringan internet secara online melalui
jaringan komputer lokal. G/NetViewer menampilkan seluruh data kelistrikan yang
berasal dari basis data GTechnology secara langsung. Aplikasi ini digunakan terbatas
untuk melihat dan mencari informasi tentang pelanggan dan data electrical
feature.
Maintenance/ Sistem
Pemeliharaan Jaringan
Aplikasi 'Sistem
Pemeliharaan Jaringan' adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendata semua
aktifitas pemeliharaan gardu yang ada.
Delegasi Penanganan
Gangguan
Aplikasi Penanganan
Gangguan adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendata semua gangguan
operasional yang terjadi baik gangguan yang bersifat direncanakan maupun
gangguan yang tidak direncanakan yang telah di delegasikan ke bagian
Maintenance
Trouble Call
Aplikasi Trouble Call
adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendata semua pengaduan pelanggan,
baik secara langsung ke kantor PLN maupun pengaduan yang dilakukan lewat
telepon. Dalam aplikasi ini semua keluahan pelanggan bisa di tambahkan, di edit
maupun dihapus.
Gangguan
Aplikasi Gangguan
adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendata semua gangguan operasional
yang terjadi baik gangguan yang bersifat direncanakan maupun gangguan yang
tidak direncanakan.
Laporan
Laporan berisikan
tentang SAIDI/SAIFI.
Expert
i-sms adalah layanan
informasi PLN yang diakses dengan mengirimkan sms ke nomer 0811708123,
bekerjasama dengan operator selular telkomsel, indosat, mobile 8, dan telkom
flexi
Untuk Berlangganan
Ketik :
REGINFO-spasi-IDPEL-spasi-NAMA
Kirim Ke 0811708123
Contoh : REGINFO
15100012278410 DIDIET
Untuk Info Tagihan
Bulan Ini Ketik:
INFOTAG-spasi-IDPEL
Kirim Ke 0811708123
Contoh : INFOTAG
15100012278410
Untuk Info Tagihan
Bulan Tertentu Ketik:
INFOTAG-spasi-IDPEL-spasi-BLN-spasi-THN
Kirim Ke 0811708123
Contoh : INFOTAG
15100012278410 01 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar